Langsung ke konten utama

PEMBUATAN TUJUAN PELAYANAN



29 Mei 2016
 
Tujuan : pengurus memahami bahwa pembuatan tujuan untuk pelayanan adalah untuk menjelaskan MAKSUD dan TUJUAN Allah, bukan tujuan kita sendiri.


1 Korintus 9 : 24-27
9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat _________? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya !
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, ____________ dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu ____________ _________.
9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa _______ dan aku bukan petinju yang __________ saja memukul.
9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ______.

PERENUNGAN
semua peserta turut berlari..” artinya adalah semua pengurus harus bekerja sama (dalam hal pikiran) dan bersama-sama bekerja (dalam hal teknis). Bekerja sama disini maksudnya adalah bukan hanya bekerja sama dengan sesama pengurus atau pelayan, tetapi juga harus bekerja sama dengan Allah. Bagaimana caranya kita dapat mengetahui apa yang harus kita perbaiki dalam skripsi kita jika kita tidak memiliki komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing kita? Sama halnya dengan pelayanan, bagaimana kita mengetahui apa yang harus kita kerjakan dan perbaiki dalam pelayanan jika kita tidak mampu bekerjasama dan memiliki hubungan yang baik dengan Allah?
larilah begitu rupa..” artinya adalah memberikan yang terbaik dari apa yang kita punya, pemikiran dan tenaga kita. Seperti apakah standar “terbaik” itu? Apakah kita mampu menjelaskannya? Atau apakah kita mengetahui ukurannya? Tidak, hanya Allah yang tahu. Jika kamu belum bisa memaknai bagaimana memberikan yang terbaik bagi Allah, maka kerjakanlah pelayananmu seperti kamu mengerjakannya lebih dari apa yang kamu kerjakan untuk orang yang paling kamu kasihi. Doakan, supaya kamu tidak salah arah. Karena pelayanan itu bukanlah pelayanan yang “berlari tanpa tujuan..”.
bukan petinju yang sembarangan saja memukul..” apa yang bisa dilakukan supaya tidak sembarangan memukul? Maka kita harus “melatih tubuh dan menguasainya seluruhnya”. Hal ini sebenarnya lebih ke arah teknis, rajin membaca Alkitab dan literatur tertentu, belajar dari pengalaman orang lain dan menerapkannya dalam pelayanan kita.
Sebagai seorang pelayan Tuhan, terkadang kita lupa akan tujuan inti dari pelayanan kita yaitu INJIL. Tujuannya akhirnya berubah, bisa saja menjadi bagaimana ya caranya supaya jemaat banyak yang hadir, atau bagaimana ya supaya jemaat nyaman saat beribadah, atau bagaimana ya supaya jemaat kompak. Ya, memang itu tidak salah. Tapi terkadang hal itu yang menjadi fokus utama pelayanan sehingga lupa dengan INJIL, padahal hal itu sebenarnya hanya bersifat teknis. INJIL yang terutama, teknis yang kedua. Ketika sudah selesai membuat suatu tujuan, baca dan renungkan kembali tujuan tersebut, apakah sudah ada esensi INJIL didalamnya?
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH FORMAT SURAT PERMINTAAN PEMBICARA

No        : 15 / Ext/ PMK UNJ/ IX / 1 1                                                   Jakarta, 30 September 201 1 Hal       : Ucapan terima kasih kepada pembicara Kepada Yth. Bpk Wim Wairata      Di tempat Salam sejahtera dalam Kristus Yesus, PMK UNJ mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pak Wim untuk melayani sebagai pembicara di ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR)   yang dilaksanakan pada : Hari, tanggal    :   Sabtu, 1 Oktober 2011 Waktu              :   09.00 – 13.30 WIB             Demikian ucapan t...

KEUNIKAN PELAYANAN MAHASISWA

Definisi: Yang dimaksud dengan keunikan pelayanan mahasiswa adalah filosofi, jiwa, semangat, atau prinsip yang mendasari segala program aktivitas/ kegiatan pelayanan mahasiswa. Keunikan ini akan Nampak dalam kehidupan gerakan pelayanan mahasiswa. Keunikan ini bersifat ‘movement’ bukan ‘monument’. Pentingnya memahami keunikan pelayanan mahasiswa Pemahaman ini menjadi pondasi, dasar, alasan kita terus dan harus mengerjakan program kegiatan pelayanan mahasiswa. Missal: Kelompok Kecil, PA Kelompok Pemahaman ini menjadi spirit, semangat gerakan pelayanan mahasiswa, sehingga kita tidak terperangkap kepada legalitas atau rutinitas program PMK (‘movement’ not ‘monument’) Sumber Keunikan PMK 1. Kebenaran Firman Tuhan 2. Kondisi/ keberadaan mahasiswa Keunikan PMK Gerakan Penginjilan (Evangelizing movement) Gerakan Pemuridan (a movement that makes genuine disciples ...

LAGU-LAGU CAMPREG PMK UNJ 2013 ^^

A *) Mari kita nyanyi se mua , Allah b aik ! Sorga dan dunia puji Dia , Allah b aik ! Mari semua datanglah, nyanyilah dimuka Allah Dengan lagu merdu, Allah b aik ! Allah b aik ! , Allah b aik ! Dengan lagu amat merdu, Allah b aik ! **) Kabarkanlah ke tempat j auh , Allah b aik ! Ada tempat dirumah Hu: Allah b aik ! Kristuslah pelepas dosa, t’rang dalam g’lap dib’rikan-Nya Yang terlepas bersoraklah: Allah b aik ! Allah b aik ! , Allah b aik ! Yang terlepas bersoraklah: Allah b aik ! ***) Dan kalau hatiku lemah: Allah b aik ! Dia batu karang yang k uas a: Allah b aik ! Sungai Yordan dan lautan, tak membawa ketakutan Sana Tuhan serta jalan: Allah b aik ! Allah b aik ! , Allah b aik ! Sana Tuhan serta jalan: Allah b aik ! ----------------------------------------------------------------------------- B Be still for the   presence of the Lord the Holy One is here Come bow be...