Langsung ke konten utama

PELAYAN YANG MEMIMPIN



BAHAN PA CAMPREG 2013

“ Sebab Aku telah memberikan teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu “

                Perintah ini disampaikan Yesus kepada murid-muridNya saat menjelang “PASKAH” dimana Yesus akan tiba pada masa pencobaan/penghakiman yang terakhir oleh Farisi dan orang Yahudi yang menentang ajaranNya.
                Seorang guru/Tuan akan mengajarkan hal-hal yang penting dan berguna pada murid-muridNya dengan harapan mereka dapat menjadi murid yang dapat melakukan seperti apa yang telah diajarkan. Apa yang disampaikan oleh guru/tuan, itulah yang ditiru oleh murid-muridNya. Pelajaran yang diberikan tentulah berguna bagi murid-muridnya, serta berguna juga bagi orang lain dalam kehidupan. Tidak ada guru/tuan yang baik mengajarkan sesuatu hal buruk pada murid-muridNya. Oleh karena itu wajar jika seorang guru/tuan menjadi “teladan” atau bahkan idola bagi murid-muridNya. Apabila ada sesuatu hal yang terjadi pada gurunya para murid itu pasti datang untuk membela/melindungi gurunya. Itulah yang terjadi dalam dunia kehidupan nyata saat ini.
                Akan tetapi berbeda dengan Yesus. Ia yang adalah seorang guru berinisiatif mengambil peran untuk membasuh kaki murid-muridnya. Hal ini adalah sesuatu yang tidak pada tempatnya di kehidupan sehari-hari. Karena seharusnya muridlah yang membasuh kaki guru sebagai tanda penghormatan. Apakah yang sebenarnya terjadi? Pengajaran apa yang akan Yesus sampaikan kepada kita melalui pembasuhan kaki tersebut, mari kita pelajari bersama.... Selamat ber-PA !

Bacalah dengan seksama Yohanes 13:1-20!
Kemudian diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:


1.        Baca ayat 1
a             - Kapan Yesus mengetahui bahwa diriNya harus beralih dari dunia kepada Bapa?


b            -  Apakah arti “Hari Raya Paskah” dalam bahasa Ibrani? Lihat kamus Alkitab.
Kemudian apakah yang dimaksud dengan “….. beralih dari dunia ini kepada Bapa”? Bandingkan dengan kata “Hari Raya Paskah” tersebut!


c            - Jelaskan maksud dari “….. Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.”!


2.       Baca ayat 2
a           - Peristiwa apa yang terjadi saat murid-murid Yesus sedang makan bersama?


           - Bagaimana iblis bisa “membisikkan” rencana dalam hati Yudas Iskariot? (Padahal faktanya Yudas Iskariot adalah murid Yesus, dan mereka sedang dalam perjamuan Paskah bersama Yesus). Bandingkan Luk 22:3-6!


            - Nilai apa yang dapat kamu pelajari dari kisah Yudas Iskariot tersebut? Ceritakanlah!
Fokus pada konteks “Yudas Iskariot sedang bersekutu dengan Yesus ketika iblis membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot”


3.       Apa maksudnya “….. BapaNya telah menyerahkan segala sesuatu kepadaNya”? (ay.3) lihat juga Mat 28:18!


4.      Baca ayat 4-5
a.       Apa yang Yesus lakukan kepada murid-muridNya?

b.      Siapakah yang seharusnya melakukan hal tersebut? Bandingkan 1 Sam 25:41!

c.       Menurutmu, mengapa Yesus melakukan hal tersebut!


d.      Apa yang Yesus pikirkan tentang murid-muridNya sehingga Ia melakukan hal tersebut? Lihat juga Mar 9:33-37


e.      Bagaimana kamu mengaplikasikan tindakan Yesus dalam pelayananmu!


5.       Baca ayat 8-9
a.       Bagaimana respon Petrus ketika Yesus membasuh kakinya?


b.      Apa yang dapat kamu pelajari dari respon tersebut?


c.       Apa maksud dari “….. bagian dalam Aku.”?


6.      “….. sudah bersih, hanya tidak semua.” (ay. 10). Apa maksud kalimat tersebut jika dibandingkan dengan ayat 2?


7.       Baca ayat 11
a.       Apa artinya “Sebab Ia tahu …..” jika dilihat dari sisi karakter Yesus dalam perikop ini?


b.      Mengetahui karakter Yesus tersebut, langkah konkrit apa yang akan kamu lakukan bagi kehidupanmu, termasuk dalam menjalankan pelayanan di PMK?


8.      (ay. 12) Setelah Yesus membasuh kaki murid-muridNya, Yesus bertanya: “Mengertikah kamu …..”. Apa maksud Yesus dengan pertanyaan ini?


9.      Baca ayat 13-15
Jelaskan dengan bahasamu sendiri apakah peran dari:
a.       Guru (bandingkan Mat 11:29)


b.      Tuhan (bandingkan Luk 22:27)


10.    Baca ayat 14. Bagaimana menurutmu tentang:
a.       Maksud dari “….. saling membasuh kakimu”?


b.      Mengapa membasuh kaki menjadi “kewajiban”?


c.       Apa yang dapat kamu simpulkan dari hal tersebut di atas? (aplikasikan dalam kehidupan pelayananmu!)


11.     “….. seorang hamba tidak lebih tinggi dari pada tuannya ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.”
Menurutmu, apa maksud dari kalimat tersebut? Bandingkan Mat 10:24!


12.    Baca ayat 18
-       “….. Aku tahu, siapa yang telah kupilih …..”
-       “….. Orang yang makan roti-Ku telah mengangkat tumitnya terhadap Aku.”
Hal apa yang sedang Yesus bicarakan dari 2 pernyataan di atas? Bandingkan Yoh 6:70!


13.Baca ayat 20
        a. Siapa yang dimaksud:
                - “Ku” pada kata “Kuutus”?
                - “Dia” pada kalimat “….. Dia uang mengutus …..”?

b.      Siapa yang dimaksud utusan pada kata “Kuutus” tersebut?

        c. Siapa saja utusan dalam konteks pelayanan di PMK UNJ?


Penerapan Pribadi

1.        Sikap-sikap seperti apakah yang akan kamu tinggalkan dan terapkan kemudian sebagai komitmen barumu dalam peranmu sebagai:
No.
PERAN
Hal yang Ditinggalkan
Komitmen Baru
a.
Pengurus, TK


b.
PKK


c.
AKK


d.
TKK


e.
Anggota Keluarga


f.
Mahasiswa


g.
Masyarakat


h.
Lain-nya.



2.       Bagaimana caramu mempertahankan komitmen tersebut? Buatlah daftar untuk mengingatkanmu dikemudian hari dan saling mendoakanlah di dalam kelompok!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH FORMAT SURAT PERMINTAAN PEMBICARA

No        : 15 / Ext/ PMK UNJ/ IX / 1 1                                                   Jakarta, 30 September 201 1 Hal       : Ucapan terima kasih kepada pembicara Kepada Yth. Bpk Wim Wairata      Di tempat Salam sejahtera dalam Kristus Yesus, PMK UNJ mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pak Wim untuk melayani sebagai pembicara di ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR)   yang dilaksanakan pada : Hari, tanggal    :   Sabtu, 1 Oktober 2011 Waktu              :   09.00 – 13.30 WIB             Demikian ucapan t...

KEUNIKAN PELAYANAN MAHASISWA

Definisi: Yang dimaksud dengan keunikan pelayanan mahasiswa adalah filosofi, jiwa, semangat, atau prinsip yang mendasari segala program aktivitas/ kegiatan pelayanan mahasiswa. Keunikan ini akan Nampak dalam kehidupan gerakan pelayanan mahasiswa. Keunikan ini bersifat ‘movement’ bukan ‘monument’. Pentingnya memahami keunikan pelayanan mahasiswa Pemahaman ini menjadi pondasi, dasar, alasan kita terus dan harus mengerjakan program kegiatan pelayanan mahasiswa. Missal: Kelompok Kecil, PA Kelompok Pemahaman ini menjadi spirit, semangat gerakan pelayanan mahasiswa, sehingga kita tidak terperangkap kepada legalitas atau rutinitas program PMK (‘movement’ not ‘monument’) Sumber Keunikan PMK 1. Kebenaran Firman Tuhan 2. Kondisi/ keberadaan mahasiswa Keunikan PMK Gerakan Penginjilan (Evangelizing movement) Gerakan Pemuridan (a movement that makes genuine disciples ...

LAGU-LAGU CAMPREG PMK UNJ 2013 ^^

A *) Mari kita nyanyi se mua , Allah b aik ! Sorga dan dunia puji Dia , Allah b aik ! Mari semua datanglah, nyanyilah dimuka Allah Dengan lagu merdu, Allah b aik ! Allah b aik ! , Allah b aik ! Dengan lagu amat merdu, Allah b aik ! **) Kabarkanlah ke tempat j auh , Allah b aik ! Ada tempat dirumah Hu: Allah b aik ! Kristuslah pelepas dosa, t’rang dalam g’lap dib’rikan-Nya Yang terlepas bersoraklah: Allah b aik ! Allah b aik ! , Allah b aik ! Yang terlepas bersoraklah: Allah b aik ! ***) Dan kalau hatiku lemah: Allah b aik ! Dia batu karang yang k uas a: Allah b aik ! Sungai Yordan dan lautan, tak membawa ketakutan Sana Tuhan serta jalan: Allah b aik ! Allah b aik ! , Allah b aik ! Sana Tuhan serta jalan: Allah b aik ! ----------------------------------------------------------------------------- B Be still for the   presence of the Lord the Holy One is here Come bow be...